Wednesday 18 February 2015

Apa Itu Paypal?

Apa Itu Paypal? - Bagi Anda yang terbiasa bergelut dengan bisnis online, Paypal tentu sudah jadi makanan sehari-hari. Paypal adalah salah satu metode pembayaran online dimana Anda dimungkinkan untuk melakukan transaksi untuk segala kegiatan bisnis yang Anda lakukan di internet, seperti membeli software, membeli domain atau hosting, hingga menerima pembayaran dari orang lain.


Secara sederhana, Paypal bisa disamakan dengan rekening bank online. Bedanya adalah, rekening bank online membatasi diri pada satu negara saja. Artinya jika Anda memiliki bank online di Indonesia, maka Anda hanya dapat melakukan transaksi antar sesama pengguna di Indonesia. Berbeda dengan Paypal, di mana Anda dimungkinkan untuk melakukan transaksi tanpa batas ke seluruh penjuru dunia.

Ada banyak sekali alat pembayaran online atau virtual selain Paypal, di antaranya adalah Ipayment, Nochex, AlertPay, Payoneer, hingga Neteller. Semua melibatkan Secure Payment Gateway dan Credit Card Authorization Service, yang bertujuan agar Anda dapat bertransaksi online dengan aman dan mudah, serta memperkecil resiko menipu dan ditipu.

Akun Paypal dibuat berdasarkan alamat email. Jadi dengan hanya mengetahui alamat email seseorang, entah orang itu berada di Jakarta, New York, atau Kairo, Anda sudah dapat mengirimkan uang melalui Paypal Anda kepada orang tersebut. Situs lelang online internasional seperti eBay, eCommerce, dan Amazon banyak menggunakan Paypal sebagai salah satu alat pembayaran resmi.

Karena memposisikan diri sebagai pihak ketiga, maka Paypal benar-benar ketat dalam urusan pembuatan akun. Anda diwajibkan untuk mem-verifikasi akun Paypal Anda menggunakan kartu kredit, guna memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki itikad memakai Paypal sebagai metode pembayaran. 1 kartu kredit hanya dapat digunakan untuk mem-verifikasi 1 akun Paypal. Anda juga bisa menggunakan VCC jika tidak memiliki kartu kredit. Untuk mendaftar VCC, silakan klik di sini.

Sebelum diverifikasi, transaksi melalui akun Paypal Anda akan dibatasi dalam jumlah tertentu. Setelah ter-verifikasi, Anda dapat melakukan pembayaran sesering dan sebanyak yang Anda mau.

Setiap transaksi yang dilakukan melalui akun Paypal akan tercatat dan dapat diakses kembali dengan mudah. Rekam jejak ini dapat menjadi bukti sekiranya di kemudian hari ada komplain dari client Anda terkait pembayaran. Paypal juga melindungi kedua pihak (penjual dan konsumen) terkait penipuan, klaim palsu, barang cacat, dan sejenisnya, yang menyebabkan transaksi dapat dibatalkan.

Secara umum, Paypal adalah alat transaksi online yang cukup aman digunakan. Jika masih ragu, Anda dapat mencari di Google atau bertanya langsung pada pebisnis yang telah menggunakan metode pembayaran ini. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment